Meningkatkan Ikatan Batin Antara Ibu dan Anak dengan Meningkatkan Interaksi

Image result for bayi ibu muslim

Memahami interaksi antara bayi dan ibu sangatlah penting. Anda harus menjadi orang yang paling dekat dengan bayi untuk bisa mempererat ikatan batin hubungan ibu-anak yang satu ini.

Interaksi ibu dan bayi baru lahir

Bayi baru lahir sedang banyak-banyaknya tidur. Bahkan, meskipun Anda sendiri kurang tidur, bayi Anda menghabiskan sekitar 18 jam setiap hari untuk mendapatkan tidurnya. Namun, pola tidur bayi yang baru lahir berbeda dari orang dewasa. Bayi yang baru lahir menghabiskan 20% waktu mereka untuk tidur nyenyak. Sisa waktunya dilakukan untuk bolak-balik tidur siang. Sehingga jika Anda “memaksa”nya untuk tidur, ia akan terjaga dan menangis lagi. Ini bisa sangat melelahkan bagi Anda, tetapi seiring bayi Anda mulai mengonsumsi ASI (atau susu formula dalam botol susu yang sudah dicuci dengan menggunakan sabun botol susu bayi sebelumnya) tidur siangnya akan lebih lama lagi.

Bayi baru lahir juga menghabiskan banyak waktu untuk makan. Selama beberapa minggu pertama, bayi yang baru lahir diberi makan sesuai kebutuhannya yang berarti setiap kali mereka lapar dan mereka harus menerima sedikitnya delapan kali sesi menyusui per hari. Jika setiap makan berlangsung selama 20 menit, hal ini akan memakan waktu lebih dari dua setengah jam per hari. Bayi baru lahir yang sehat buang air besar sekitar tiga sampai empat kali per hari dalam beberapa minggu pertama dan mereka ngompol menghabiskan sekitar 5-6 popok per hari. Hal ini berarti lebih banyak popok yang harus Anda ganti dan rutin membersihkan pantat bayi dengan menggunakan sabun mandi cair bayi, yang dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan atau kegiatan yang berantakan, tergantung pada bagaimana Anda melihatnya.

Untuk sisa waktunya, bagi bayi Anda yang baru lahir  mungkin menghabiskan berjam-jam di dunianya yang tenang atau sibuk, atau dia mungkin menghabiskan banyak waktu untuk menangis. Dia mungkin hanya sedang stresss atau kelaparan, atau ia mungkin mengalami kolik. Perlu diingat bahwa menangis adalah satu-satunya cara bayi baru lahir untuk berkomunikasi dengan Anda. Seiring tumbuh kembangnya, ia akan mengembangkan cara-cara lain untuk berkomunikasi, dan tangisannya akan menurun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *