Ingin Kerja Ke Luar Negeri ? TOEIC Adalah Kunci Pertama.

Selain melanjutkan kuliah, biasanya orang-orang juga ingin berkerja di Luar Negeri. Alasanya biasanya karena gaji yang diberikan jauh lebih tinggi daripada di Indonesia. Salah satu tes yang pasti dipertimbangkan adalah kemampuan berbahasa. Jika ada TOEFL dan IELTS untuk tes kemampuan berbahasa inggris yang diperuntukkan melanjutkan studi di luar negeri, maka untuk mendaftar pekerjaan ada TOEIC.

TOEIC atau Test of English for International Communication  adalah Test yang mengukur kemampuan seseorang dalam berkomunikasi di lingkungan pekerjaan. TOEIC sudah diselenggarakan ETS selama 25 tahun di seluruh dunia. Di Indonesia tes TOEIC mulai diperkenalkan pada tahun 1999. Tidak hanya untuk perusahaan Luar Negeri, biasanya beberapa perusahaan di Indonesia juga mengharuskan mengambil tes ini. Di antaranya adalah FWD, Mitsubishi, Manulife, Badan Kepegawaian Negara, Arsip Nasional Republik Indonesia. Skor untuk test TOEIC ini berkisar antara 10-990, sementara untuk bekerja di luar negeri biasanya disyaratkan skor minimal sebesar 450 atau lebih.

Standar penilaian dalam TOEIC memakai standar CEFR (The Common European Framework of Reference for Languages: Learning, Teaching, Assessment). Tes ini terdiri dari Listening dan Reading dengan durasi test sekitar 2 jam yang terdiri dari 200 soal terbagi menjadi listening, comprehension dan reading comprehension. Untuk lulus dalam tes ini, kita harus memiliki skor setidaknya 5-495 pada bagian listening dan 5-495 pada bagian reading, sehingga total skor rata-rata akan menjadi 10-990. Biaya untuk pendaftaran test ini berkisar $40-$50 atau sekitar 600-700 ribu rupiah.

Sertifikat TOEIC terdiri dari 5 warna yaitu : Orange untuk skor 10–215, cokelat  utnuk skor 220–465, hijau  untuk skor 470–725 , biru  untuk 730–850, dan  emas untuk skor 855–990.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *